Sabtu, 10 Oktober 2015

Salah Satu Dosen Universitas Gunadarma Yang Sangat Inspiratif 2015

TUGAS I
Pengantar Teknologi Internet dan New Media *
(Dibuat dan Dipublikasikan Tanggal 10 Oktober 2015)

        Dosen Universitas Gunadarma yang sangat Inspiratif, Beliau bernama Bapak Ericks Rachmat Swedia, Beliau adalah salah satu pendaki yang tergabung dalam tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015. Pak Ericks yang berprofesi sebagai Dosen IT diUniversitas Gunadarma ini, ternyata sudah mendaki 7 puncak tertinggi Indonesia.


Berikut, inilah kisahnya Pak Dosen yang benar-benar inspiratif . . . !!! hehehe

Dalam Tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 yang diisi oleh orang-orang yang luar biasa. Salah satunya adalah Pak Ericks Rachmat Swedia ini, yang merupakan berprofesi sebagai dosen diUniversitas Gunadarma, Depok. Pak Ericks ini murah senyum, baik, supel dan senang berbagi (seperti makanan, dan sebagainya).

Menurut Pak Ericks
"Sebenarnya tidak ada niatan untuk mendaki Seven Summit Indonesia. Tapi karena kebetulan ada istilah begitu, jadi coba-coba saja."

Tahukah kamu apa itu Seven Summit Indonesia?

Seven Summit Indonesia adalah tujuh puncak tertinggi di Indonesia, yaitu..

Gunung Bukit Raya (2.278 mdpl) di Kalimantan Tengah,

Gunung Binaiya (3.207 mdpl) di Maluku,

Gunung Latimojong (3.478 mdpl) di Sulawesi Selatan,

Gunung Semeru (3.676 mdpl) di Jawa Timur,

Gunung Rinjani (3.726 mdpl) di Lombok,

Gunung Kerinci (3.805 mdpl) di Jambi, dan

Puncak Carstensz (4.884 mdpl) di Papua.



Pak Ericks ini memang gemar mendaki gunung. Ketika SMA, dia memulai perjalanannya mendaki gunung dan yang pertama kali didaki adalah Gunung Pangrango di Bogor.
"Waktu itu naik ke atasnya modal nekat sama teman-teman, namanya juga anak sekolah. Itu gila Fif, jangan dicontoh. Naik ke atasnya, kami cuma bawa tas ransel sekolah dan cuma bawa 5 bungkus mie instan," kata Pak Ericks
Dalam perjalanan Seven Summit Indonesia, Pak Ericks memulai dari Puncak Mahameru di Gunung Semeru tahun 2013. Dan dari situlah, Pak Ericks ini mulai mengenal istilah Seven Summit Indonesia dari pendaki-pendaki lain. Lalu terbesitlah di dalam benaknya "ah mengapa tidak dicoba saja".Kemudian dalam seketika waktu Pak Ericks langsung mulai menabung untuk mendaki puncak-puncak lainnya. Dan dalam 3 Bulan kemudian, Beliau mengikuti pendakian open trip menuju Gunung Kerinci di Jambi.
"Modalnya kenalan saja sama pendaki-pendaki gunung di tiap daerah. Mereka baik-baik kok, malah mau membantu kita mencari penginapan," kata Pak Ericks.

Sepanjang tahun 2013-2014, Pak Ericks sudah mendaki 6 puncak tertinggi di Indonesia. Khususnya bersama rekannya yaitu Ali Rahman, mereka mendaki bareng puncak Gunung Binaya, Bukit Raya, Rinjani dan Carstensz. Hmm sudah tentu, pasti ada segudang pengalaman seru yang didapat oleh Pak Ericks ini.
Soal pengalaman yang menegangkan dari Pak Ericks, tentu tidak kalah menarik. Bagi Pak Ericks, salah satu Seven Summit Indonesia yang paling bahaya adalah Gunung Bukit Raya?

Mengapa?

"Itu gunung kerajaan pacet. Ada banyak pacet di sana yang berwarna-warni, dari hitam, merah sampai kuning. Pacetnya juga loncat-loncat ke badan. Kita sampai tidak bisa duduk di batu atau di batang pohon karena semuanya pacet. Bisa kena stres itu," kata Pak Ericks.

Dan juga Gunung Latimojong menjadi salah satu pengalaman berbahaya bagi Pak Ericks. Hmm karna menurutnya katanya Pak Ericks pernah dikerjain hantu. Nah lho? 

"Jadi waktu di Latimojong di Pos 7 tepatnya, ada orang yang berjalan muterin tenda saya. Saya malam itu kebangun karena mau mengurut kaki dan benar-benar merasa dan dengar suara orang jalan. Saya baru sadar, tenda saya kan sebelahnya tebing," kata Pak Ericks

Dan,
Soal pemandangan alam, paling indah menurutnya tentu saja Puncak Carstensz dan Gunung Binaya. Karna menurutnya di Gunung Binaya, pendakian dimulai dari 0 mdpl sampai 3.027 mdpl. Dari atas puncaknya, terlihat pantai dan lautan yang cantik.

"Tapi, Carstensz ini yang paling luar biasa. Perjalanannya jauh, lewat lanskap alam yang beda-beda dan harus pakai tali ke atasnya. Lengkap banget!" Kata Pak Ericks
Dan dalam Tim Ekspedisinya ini, Menurut Pak Ericks tips untuk mendaki Seven Summit Indonesia adalah harus mempunyai tekad yang kuat, menabung dan sudah pasti harus punya banyak kenalan sesama pendaki.
Tuh bagi kalian yang hobby mendaki Gunung, catet tuh kata-katanya hehehe
Namun, ternyata tujuan Pak Ericks mendaki Seven Summit Indonesia bukanlah hanya untuk kepuasan dirinya semata. Apalagi, untuk disombongkan kepada orang-orang.
"Saya melakukan ini untuk memotivasi anak-anak saya. Saya mau mengajarkan tentang indahnya alam ini dan perjuangan mendaki gunung," Kata Pak Ericks

Beehh, 2 Jempol deh buat Pak Dosen kita ini.. hahahahaha
Mungkin seperti ilmu padi, kian berisi kian merunduk, itulah yang bisa lihat dari sosok Dosen kita ini, yaitu Bapak Ericks.

Terimakasih banyak Pak Dosen, kami semua tentu bangga memliliki Dosen yang sangat inspiratif diUniversitas Gunadarma ini, hmm kisah dan pengalaman Bapak yang inspiratif, semoga mampu membakar semangat kami semua.. khususnya untuk pecinta alam, pendaki gunung seluruh INDONESIA..!!!!



Sumber :

http://travel.detik.com/read/2015/09/15/135203/3019281/1519/pak-dosen-inspiratif-sang-pendaki-seven-summit-indonesia



Identitas Pembuat Tugas 1, Peng.Teknologi Internet dan New Media* :

Nama     : Ressa Wahyu Ramadon
NPM      : 59414089
Kelas      : 2ia14
Fakultas  : Teknologi Industri
Jurusan   : Teknik Informatika


Kunjungi Juga Postingan Bermanfaat Lainnya :

 " TIPS, Cara Mendapatkan Stiker Line Berbayar Secara Gratis !!! "

Hanya di ressawahyu.blogspot.com
( Klik-Gambar )

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system