Kamis, 30 Juni 2016

Tugas 3.2 Pengantar Web Science - Komunikasi pembelajaran berbasis komunitas di web


  • Pengertian Komunikasi Pembelajaran
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.
Pembelajaran merupakan proses yang berfungsi membimbing para peserta didik di dalam kehidupannya, yakni membimbing mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangan yang harus dijalani.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi pembelajaran adalah proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain supaya mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien.

  • Fungsi Komunikasi Pembelajaran
Sesuai dengan tujuan dari komunikasi, maka dalam suatu organisasi komunikasi mempunyai beberapa fungsi,yaitu sebagai berikut:

1.    Fungsi Komunikasi Sosial
Untuk membangun konsep diri
Untuk Eksistensi dan Aktualisasi diri
Untuk kelangsungan hidup,memupuk hubungan yang akan mencapai kebahagiaan

2.    Fungsi Komunikasi Ekspresif
Komunikasi Ekspresif tidak serta merta mempengaruhi orang lain,namun dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kita.Seperti seorang Ibu yang memeluk dan mencium anaknya.

3.    Fungsi Komunikasi Ritual
Komunikasi Ritual dilakukan dalam acara keagamaan. Disamping mengamalkan ajaran, juga merupakan penegasan kembali komitmen mereka terhadap tradisi keluarga, suku, bangsa, negara, ideologi atau komitmen mereka terhadap agama.

4.    Fungsi Komunikasi Instrumen
Menginformasikan
Mengajak
Mendorong 
Mengubah sikap,keyakinan dan prilaku
Menggerakan tindakan
Menghibur
Pembawa kabar gembira dan pembawa ancaman
  • Jenis Komunikasi Pembelajaran
1.    Secara Langsung
Pengajar memberikan pelajaran secara langsung dengan bertatap muka dengan para siswa dalam suatu ruangan ataupun di luar ruangan dalam konteks pembelajaran.
Seperti yang terjadi di sekitar kita mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

2.    Secara Tidak Langsung
Pengajar dapat memberikan suatu pembelajaran melalui suatu media tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan siswa. Dan siswa pun dapat memperoleh informasi secara luas melalui media tersebut. Seperti model sekolah jarak jauh yaitu memanfaatkan media internet sebagai alat untuk pembelajaran.

Contoh Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas Pada Web

Komunitas Netbeans
www.netbeans.org


NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.

The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan, sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java, namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.

Apa itu netbeans.org?

netbeans.org adalah wadah dari komunitas kode terbuka NetBeans yang didedikasikan untuk membangun sebuah IDE kelas dunia. netbeans.org memungkinkan pengguna di lebih dari 160 negara dunia terhubungkan ke sumber daya dan orang di seputar NetBeans. Di sini, Anda dapat mengunduh versi terakhir NetBeans, melihat dokumentasi pendukung secara online, membangun pengetahuan Anda tentang Java, memantau berita, bergabung dengan sebuah mailing list, menyumbangkan koce, belajar tentang orang-orang yang terlibat dengan proyek, melakukan kontak, dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system